Sponsor Banner

Wisma Pasutri

Kemukus Herbal Atasi Masalah Pria Wanita Dan Anak

On 01.09


Sumber gambar : id.wikipedia.org
Salah satu Tanaman herbal yang banyak dikonsumsi di Indonesia adalah kemukus. Kemukus merupakan tanaman merambat yang tergolong dalam suku piperaceae. Nama ilmiah dari kemukus adalah Piper cubeba. Jika dilihat sekilas mirip dengan tanaman cabe Jawa.

Buah ini mirip sekali dengan lada tapi ada ekornya sehingga sering juga disebut dengan merica buntut. Kandungan obat dari kemukus adapada buah dan bunga yang mengandung saponin dan flavonoida, disamping minyak atsiri. 

Secara tradisional, kemukus berkhasiat sebagai obat sesak nafas, penghangat badan dan penghilang bau mulut.

Beberapa manfaat herbal kemukus sebagai berikut :

Mengatasi Gangguan Keseburan.

Setiap manusia, terutama yang sudah berpasangan tentu ingin segera mempunyai anak. Namum bagaimana kalau suah beberapa lama tidak dikarunia anak. Tentu hal ini menyedihkan. Hal disebabkan oleh kemandulan, yang bisa dialami oleh isti, suami atau keduanya.

Mandul artinya Anda tidak bisa memiliki anak. Laki-laki dikatakan mandul jika ia tidak bisa menghasilkan sperma, atau sperma yang dihasilkan buruk, sehingga tidak mampu membuahi sel telur dari perempuan. Hal ini disebabkan terjadinya kerusakan permanen pada testis untuk memproduksi sperma Anda. Sedangkan, wanita dikatakan mandul ketika indung telurnya tidak dapat melepaskan telur, sehingga perempuan tidak bisa melepaskan telur untuk dibuahi.
Walaupun begitu, fungsi seksual Anda tetap bekerja dengan normal. Namun, sayangnya Anda tidak bisa punya anak. Ya, kemandulan tidak bisa diatasi dengan cara apapun, berbeda dengan ketidaksuburan. Namun, banyak orang yang menyangka ia mandul padahal hanya tidak subur. Kondisi ini membuatnya putus asa sehingga ia lebih sulit lagi punya anak.
Oleh karena itu, jika Anda belum mempunyai anak walaupun sudah beberapa tahun menikah, sebaiknya jangan terburu-buru mengatakan bahwa diri Anda mandul. Pastikan dulu kondisi Anda dengan memeriksakannya ke dokter.. Perlu Anda ketahui mandul tidak hanya terjadi pada perempuan, tetapi laki-laki juga bisa mengalami kemandulan.

Siapkan daun kemumuks 10 gram, daun empedu tanah 10 gram, daun pegagan 10 gram, batang akar ali-ali 1 jari. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah suam-suam kuku disaring dan diminum tiap pagi.

Atau bisa menggunakan resep dibawah ini :
Bahan :
·         12 gram daun kemukus
·         1 jari batang nrotowali
·         12 gram daun pegagan
·         12 gram daun sambilito
·         2 geals air
·         Cara membatnya :
·         Rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas.
·         Minumlah resep ini secara ruti dipagi hari.

Mengatasi Keputihan.

Biji kemukus 12 butir ditumbuk halus bersama 5 butir cengkeh, 2 rimpang kunci kuning,, 2 potong kayu kembang lawang dan 2 potong kayu mesoyi sepanjang 2,5 cm selebar 2 cm.

Semuanya dicampur dengan keadaan kering dan ditumbuk, sampai halus. Jumlah yang diperoleh cukup untuk pemakaian 3 kali. Sebelum dimakan, serbuk hasil tumbukan itu terlebih dahulu dicampur dengan air perasan daun tapak gajah 3 batang berikut akarnya, sari 2 buah jeruk nipis dan I gelas air.

Semuanya diseduh dalam keadaan segar. Jamu mentah ini lebih berkhasiat daripada yang sudah direbus.Peradangan sampai keputihan itu akan cepat sembuh, kalau pende­ritanya betul-betul mau beristirahat di tempat tidur selam 2-3 hari.

Mengatasi Flu Pilek Pada Bayi.

Siapkan 10 biji kemukus dan sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari telunjuk. Lalu tumbuklah kedua bahan ini sampai halus, kemudian berilah sedikit air, dan aduk hingga merata. Cara pakai oleskan pada badan bayi.

Mengatasi Sesak Napas Dan Asma.

Siapkan ± 15 gram serbuk biji kemukus, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan ditambah 1 sendok makan madu, diaduk sampai rata, kemudian diminum sekaligus.
Demikian manfaat atau khasiat dari pohon kemukus. Semoga bermanfaat.
Sumber : dari berbagai sumber.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »